السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Kisah Hikmah Datang Dari Semangka

 Kisah dari Bang Nafi
gambar
Bang Nafi
Al Kisah, Imam Syaqiq Al Balkhi membeli buah semangka untuk istrinya. Ketika disantapnya ternyata buah semangka tersebut terasa hambar. Sang istri pun marah. Imam Syaqiq menanggapi amarah istrinya itu, beliau bertanya dengan halus :

"Kepada siapa kau marah? Kepada pedagang buah itu ? Kepada pembelinyakah ? Kepada petani yang menanamnya? Atau yang Menciptakan Semangka itu ?" Tanya Imam Syaqiq, Istri beliau terdiam, Sembari tersenyum, imam Syaqiq melanjutkan :

"Seorang pedagang tidak akan menjual sesuatu kecuali yang terbaik,

Seorang pembeli pasti membeli sesuatu yang terbaik pula, Seorang petani tentu merawat tanamannya agar bisa menghasilkan yang terbaik, Maka sasaran kemarahanmu berikutnya yang tersisa tidak lain kepada yang Menciptakan semangka itu"
Nasehat imam Syaqiq menembus sanubari hati istrinya, Sang istri terperangah, Terlihat butiran air mata menetes dikedua pelupuk matanya. "Bertaqwalah wahai istriku, Terimalah apa yang sudah menjadi ketetapan-Nya." "Mendengar ucapan suaminya itu, sang istri merunduk menangis, mengakui kesalahannya dan ridha dengan apa yang telah Allah tetapkan."

Imam Syaqiq Al Balkhi, Guru para Sufi (wafat 194 H / 810 M)"
"Semoga Allah Swt memudahkan rezeki kita berkat orang - orang yang Sholeh dan semoga pula ada manfaatnya".


Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS