السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Untuk CV. Jade Indopratama

Semoga tulisan cerpen  ini dibaca oleh yang terhormat presiden Joko Widodo dan yang terhormat wakil presiden MUH. JUSUF KALLA, juga fihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malang untuk menindak kesewenangan terhadap pekerja oleh prerusahaan dikota malang, juga pimpinan CV. JI pak Anton Jade dan pak Rachmad Santoso selaku Dirut CV. Jade Indopratama malang, untuk menindak rekan, partner, pegawai bawahannya yang memiliki kebijakan yang tidak bijak pada saya.

Pertamanya saya tidak tau dibayar siapa kerja pertama pada event pameran di taman budaya jalan sukarno hatta malang yang jelas saya diterima oleh adhi begitu nama laki – laki yang akrab saya sapa bang adhi, ngakunya asal dari padang, banyak pengakuan cemerlang tentang dirinya pernah kuliah di jurusan hukum tapi tidak menamatkan diri, dan memiliki sejumlah uang, dan membayar sejumlah utang karena dirinya korban penipuan tuturnya padaku, tentang masa lalunya yang kelam keluar masuk klab, diskotik menghabiskan uang, dan kehidupannya yang suram dimasa lalu, hari ketiga saya bekerja ketika rehat senggang istrahat larut malam, bang adhi atau laki – laki asal padang itu tipical pribadi dingin cepat akrab dan kelihatannya orangnya loyal, luwes, supel, dan memiliki sejuta trik agar terlihat mahal di dunia intertaint, dia terlihat sebagai promotor kelas kacang jika dihadapkan dengan promotor kelas nasional atau internasional, namun dikalangan kru official partner satu garapan event dia sangat diandalkan, dihargai.

Awal perkenalan saya dengan adhi sejak hijrah tiga bulan yang lalu diakhir tahun 2015 saat itu saya bilang pada temanku namanya alex dijogja tentang keberangkatan saya kemalang beberapa hari sebelum berangkat kemalang menemui adik saya, dan alexpun bilang bahwa dia mau untuk membantu saya mencarikan relasi kawan yang memiliki pekerjaan untuk saya dimalang nantinya sebelum dan setelah tiba beberapa hari, sebelumnya saya tidak menanyakan tetapi alex sendiri yang menawarkan jika mau kamu tak kenalin dengan teman saya yang memiliki pekerjaan dan memiliki saham disalah satu perusahaan dimalang asal padang tuturnya padaku, malam itu saya sms menanyakan posisinya, “sekarang datang aja mas di taman budaya jalan suhat” balasnya, setelah sampai saya ngobrol sesaat dengannya kemudian dikenalkan dengan beberapa pekerjanya yang lain, beberapa saat kemudian datang dua orang perempuan asing berpostur besar kemudian diperkenalkan adhi padaku, kedua perempuan itu sikapnya sok kenal sok dekat SKSD dengan alex yang dijogja, seorang laki – laki pekerja adhi acuh tak acuh menampakan sikap tak suka padaku dalam hatiku sayakan tidak butuh kamu yang saya butuh adhi untuk bekerja denganku, benar dugaan saya ternyata laki – laki itu mamandang orang dari penampilan, maklum penampilan saya malam itu urak – urakan dan kotor, mengenakan baju kaos putih saya pakai empat hari yang lalu tampak hitam dibagian lehernya dan jaket yang tampak kumal karena seminggu belum dicuci, dua laki – laki itu pamit keluar mencari makan padaku dan saya diperintahkan untuk menjaga stand – tenda tempat barang – barang mereka disimpan sesaat kemudian adhi datang dan menanyai kedua pekerja laki – lakinya yang barusan keluar, “A dan B kemana jhon?” tanyanya padaku, “nggak tau bang katanya keluar sebentar” jawabku, kemudian dia pergi kearah mobilnya yang jaraknya sepuluh meter parkir diarah selatan dalam taman budaya, dia ambil barang yang ada dalam plastic berwarna putih ternyata flakban, jhon kamu bisa nggak flakban karpet – karpet itu, iya bank bisa, setelah beberapa saat kemudian saya menyelesaikan pekerjaan merapatkan, dan merapikan sejajar karpet stand tempat pameran nanti, kemudian dia menyuruh saya untuk minum dan meneruskan pekerjaan untuk merapikan sejajar 100 X 50 meter karpet dalam gedung budaya di taman budaya jalan sukarno hatta.

Event kedua saya kerja di konser kotak yang diselenggarakan di DOME UMM, selama dua hari tiga malam saya kerja full time tidak dibayar sampai saya menuliskan cerita ini tanggal 3 desember 2015 tentang prilaku atasan pegawai Jade Indopratama, saya belum dibayar dengan dalih bahwa kerja saya tidak bagus kata adhi yang saya panggil bang adhi, tutur kepada alex “bahwa saya itu tidak mau dibayar kantor, dan berdalih bahwa kerja saya tidak memuaskan” padahal kerja saya maksimal sampai dua siang dua malam dari awal hingga tuntas penyelenggaraan panggung saya selalu kerja bahkan ketika mereka pulang saya tetap berada ditempat penyelenggarakan menjaga nungguin semua lingkungan terselenggaranya panggung, mulai dari sound system, panggung, stand PKL, dll, siang hari sibuk kerja panggung, malam pasang pagar panggung, belum lagi pembelengguan karakter dilapangan yang dilakukan oleh adhi, saya tak sepatah katapun dilapangan penolakan terhadap instruksi kerja dari adhi namun tuturnya pada alex bahwa saya “pemalas” dan tidak bisa kerja produksi, padahal ada seorang bapak yang saya tidak kenal namanya yang menurut saya di baik, mungkin pak rahmat namanya kalau tidak salah ingat yang baik sikapnya padaku, mempercayakan padaku untuk merapikan dan mengunci pagar pembatas penonton dengan panggung konser malam berlangsungnya konser, saya percaya banyak yang baik dikantor jade indopratama, tapi gara – gara beberapa orang perusahaan yang bergerak di bidang advertising ini jadi buruk pencitraannya, seperti bank adhi yang terakhir saya hubungi melalui nomer handphonenya tidak pernah menjawab padahal nomornya aktif berkali – kali saya hubungi tidak pernah di terima telefon saya.

Lewat tulisan cerpen nyata ini, saya JHON mengatakan sikap menuntut bayaran kerja saya terakhir dikonser kotak DOME UMM, Jika tidak dibayar atau tidak ditindak lanjuti dalam dua hari mulai terhitung setelah saya memuat atau memposting tulisan ini di blog milik saya akan melaporkan kepihak yang berwajib. Dengan hormat saya menuntut tanggung jawab, dan menolak tunduk pada eksploitasi tenaga saya oleh adhi. Salam hormat pada pimpinan CV. Jade Indopratama.

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS